Sebelum kita belajar tentang tips-tips menulis paper, ada baiknya kita tengok yuk paper sendiri itu apa.
Menurut sebuah sumber, paper adalah tulisan yang memuat pembahasan dari sebuah topik tertentu dengan dukungan data dan argumen yang valid dan kuat.
Dari pengertian di atas, kita bisa menggarisbawahi beberapa kata, antara lain: topik tertentu, data serta argumen yang valid dan kuat. Kata-kata tersebut nantinya akan menjadi unsur utama sebuah paper. Kita bahas satu per satu:
1. Topik
Topik di sini maksudnya adalah topik yang
akan kita bahas dalam paper. Topik yang dipilih sebaiknya tidak terlalu
sempit dan juga tidak terlalu melebar. Selain itu topik yang dibahas
sebaiknya didapat dari ide yang orisinil yang belum dibahas pada
paper-paper lain atau bisa juga pengembangan dari topik yang pernah
dibahas pada paper sebelumnya.
2. Data
Data di sini maksudnya adalah data-data
pendukung yang nantinya akan kita bahas di paper kita sekilas. Data-data
ini berupa tinjauan pustaka. Isi dari tinjauan pustaka bisa kita lihat
pada pembahasan tinjauan pustaka.
3. Argumen
Argumen di sini merupakan pembahasan dari
penelitian yang kita lakukan. Pembahasan ini harus didukung fakta-fakta
dan bukti yang kuat. Argumen bisa dipakai untuk memperbaiki suatu data
yang didapat atau bisa juga berupa pengembangan.
Setelah memahami unsur-unsur utama paper,
selanjutnya akan kita bahas mengenai format paper. Perlu saya ingatkan
bahwa kemungkinan format paper di satu universitas bisa berbeda dengan
universitas lain. Tapi secara garis besar semua isinya sama, hanya
penamaan babnya saja yang berbeda.
Bab-bab dalam paper yang saya ketahui adalah sebagai berikut:
1. Abstrak
Abstrak merupakan ulasan singkat mengapa
penelitian dilakukan, bagaimana penelitian dilaksanakan, hasil-hasil
yang penting, dan simpulan utama dari kegiatan.
Abstrak merupakan bagian yang penting
dari sebuah paper. Biasanya pembaca menilai menarik atau tidaknya sebuah
paper atau berbobot tidaknya sebuah paper. Penulisan abstrak yang
kurang menarik bisa membuat pembaca enggan membaca paper kita lebih
lanjut.
2. Pendahuluan
Bab ini mengulas tentang alasan pemilihan
topik yang berupa menguraikan masalah-masalah yang ada sehingga membuat
penelitian perlu untuk dilakukan. Bisa juga ditambahkan manfaat dan
kelebihan penelitian ini dibandingkan penelitian sebelumnya.
biasanya pendahuluan juga berisi hal-hal berikut (tulis garis besarnya saja) :
- deskripsi yang jelas tentang permasalahan (disebut juga dengan tujuan (purpose))
- Tunjukkan mengapa permasalahan ini penting, menarik, dan menantang (motivasi)
- Review yang singkat dan jelas mengenai penelitian sebelumnya yang menjadi dasar penelitian kita (scope)
- Tunjukkan gap/masalah yang ada pada penelitian sebelumnya dan menjadi pertanyaan yang ingin kita selesaikan dalam penelitian kita (gap indication)
- Tulis dengan jelas solusi yang diusulkan (proposed approach) dan bagaimana ia bisa mengatasi gap yang kita sebutkan sebelumnya (solution)
- Tuliskan secara global penemuan yang dihasilkan (result)
- Tuliskan struktur penulisan bagian-bagian berikutnya (outline)
3. Tinjauan pustaka
Tinjauan pustaka memuat tinjauan dan
ulasan singkat dan jelas atas pustaka yang menimbulkan gagasan dan
mendasari penelitian. Pustaka yang digunakan sebaiknya berupa pustaka
terbaru yang relevan dengan bidang yang diteliti.
Misalnya kita membahas tentang tentang
kelebihan Service Oriented Architecture (SOA) dibandingkan arsitektur
lain. Maka sebaiknya di tinjauan pustaka dibahas mengenai aristektur
lain berserta kekurangannya yang nantinya akan dilengkapi dengan SOA.
Selain itu, tinjauan pustaka bisa juga
membahas secara singkat tentang dasar teori yang diperlukan untuk
memahami pembahasan yang akan kita lakukan selanjutnya. Tinjauan pustaka
harus berupa data yang valid sehingga perlu untuk mencantumkan
referensi dari mana data berasal. Selain itu, tinjauan pustaka tidak
boleh lebih panjang dari pembahasan yang akan kita lakukan nanti.
4. Metodologi
Di sini berisi analisis, desain, dan
implementasi dari penelitian yang kita lakukan. Di sini akan dibahas
secara detail mengenai penelitian yang kita lakukan.
5. Uji coba
Di sini berisi hasil uji coba dari
penelitian yang kita lakukan. Bandingkan dengan penelitian yang lama
sehingga akan terlihat bahwa penelitian kita lebih unggul.
6. Simpulan
Simpulan memuat ringkasan hasil
penelitian dan jawaban atas hipotesis penelitian. Bisa juga membuat
simpulan dari hasil uji coba.
7. Daftar pustaka
Memuat semua pustaka yang kita gunakan
dalam paper. Pustaka yang dimuat didaftar pustaka harus dikutip minimal
sekali dalam paper.
Begitulah ringkasan cara membuat paper. Kalau ada tambahan mohon ditambahkan di komentar. Semoga bisa membantu
0 komentar:
Posting Komentar